Pencarian
Login/Daftar Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 393659
Pengunjung : 94961
Hari ini : 43
Hits hari ini : 145
Member Online : 81
IP : 54.92.182.0
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

smk_sarifarma    
Agenda
15 August 2018
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8

Sejarah Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi

Tanggal : 29-11-2012 15:10, dibaca 1245 kali.

Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi (SMK F) adalah sekolah menengah kejuruan di Indonesia untuk mendidik Asisten apoteker. Sekolah ini sebelumnya bernama Sekolah Asisten Apoteker (SAA).

Pada awalnya, pendidikan kesehatan ditujukan untuk mendidik dan melatih tenaga – tenaga pribumi agar dapat membantu serta memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang dibutuhkan pada masa penjajahan. Adapun pendidikan pertama Asisten Apoteker dirintis dari negeri Belanda dan tercatat pertama dari Indonesia yang berhasil lulus yaitu pada tahun 1908. Kemudian sekitar tahun 1918-1934 berdiri Pendidikan Asisten Apoteker pertama yang bernama “Leergang voor de opleiding van apothekers bedienden onder de naam van apothekers- assistentenschool”. Dengan persyaratan pendidikan awal dari “Mulo bag B” (setara SMP), dan lulusannya hanya dibatasi samapai 20% saja.

Setelah masa kemerdekaan perkembangan bidang farmasi di Indonesia, menghendaki adanya tenaga teknis kefarmasian formal jenjang menengah yang mampu bekerja dalam proses produksi, distribusi, administrasi maupun dalam penyuluhan kepada masyarakat di bidang farmasi. Oleh karena itu, dibentuklah pendidikan tenaga Asisten Apoteker bernama Sekolah Asisten Apoteker. Tahun 1946 didirikan Sekolah Asisten Apoteker yang pertama yang dikelola oleh tenaga bangsa Indonesia di Yogyakarta. Sejalan dengan perkembangan bidang kesehatan, khususnya bidang farmasi, berkembang pulalah sekolah ini, baik kuantitas maupun kualitasnya. Akhirnya pada tahun 1960 dibakukanlah pedoman penyelenggaraan pendidikan tenaga Asisten Apoteker dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan nomor 62983/Pend, tanggal 28 Juli 1960 yang kemudian disempurnakan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan nomor 106/Pen tanggal 1 Juni 1961. Sejak tahun 1965, Sekolah Asisten Apoteker berganti nomenklatur menjadi Sekolah Menengah Farmasi (SMF) dan sampai tahun 1990-an tidak kurang tercatat ada 40 sekolah, yang dikelola oleh Departemen Kesehatan RI, Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan oleh pihak swasta.

Perkembangan dan pertumbuhan masyarakat dewasa ini dan kecenderungan pelayanan kesehatan yang makin meningkat dan kompleks, memerlukan tenaga kesehatan yang memiliki sifat etis dan profesional. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan pembangunan kesehatan bahwa hanya mereka yang mempunyai latar belakang pendidikan umum setingkat sekolah menengah tingkat atas yang dapat mengikuti pendidikan di bidang kesehatan dan Rencana Pengembangan Tenaga Kesehatan Menuju Indonesia Sehat 2010 menegaskan bahwa tenaga kesehatan profesional adalah tenaga kesehatan tingkat ahli madya atau tingkat sarjana. Salah satu strategi yang diterapkan untuk memenuhi kedua tujuan tersebut adalah perubahan (konversi) institusi pendidikan tenaga kesehatan jenjang pendidikan menengah menjadi jenjang pendidikan tinggi. Sesuai dengan surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan nomor HK.00.06.4.2054 tahun 1993 tentang Berlakunya Pedoman Konversi Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan Jenjang Pendidikan Menengah menjadi Jenjang Pendidikan Tinggi maka 4 (empat) sekolah yang dikelola Departemen Kesehatan dikonversi menjadi institusi Diploma III. Hal tersebut diikuti juga oleh beberapa sekolah yang dikelola swasta. Selain dari konversi, institusi Diploma III juga didirikan.

Saat ini masih terdapat 32 SMF yang dikelola TNI/Polri dan swasta. Perkembangan kebijakan pendidikan Pemerintah c.q. Departemen Pendidikan Nasional yang mendorong pengembangan SMK, melalui pembentukan unit-unit SMK baru maupun penambahan siswa SMK. Salah satu SMK yang berkembang adalah SMK Program Keahlian Kesehatan Kompetensi Keahlian Farmasi (SMKF). Selain berkembangnya unit-unit SMKF yang baru, SMF yang sudah ada sebelumnya juga didorong untuk konversi maupun mengubah nomenklatur menjadi SMK dengan Kompetensi Keahlian Farmasi.

Ref :

1. U.U No.20 / 2003 tentang. Sisdiknas

2. P.P 25 Thn 1980 ttg Apotik

3. Kep. Menkes No. 679 / 2003 tentang. Reg dan izin kerja A.A

4. Kep.Menkes No. 1027 /2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotik

5. Drs. Sunarto Prawirosujanto , Sejarah Perkembangan Farmasi di Indonesia ( Penerbit UGM 1972)

6. Drs. J. Hazeveld, Hilversum, Belanda. (ex SAA, wawancara)



Pengirim : Endang Nurjaman, S.Farm, Apt.


Share This Post To :

Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Komentar Melalui Facebook :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : Crefusagree -  [orawayham@hotmail.com]  Tanggal : 10/09/2013


ÐÐµÐ´Ñ Converse имеÑÑ Ð±Ð¾Ð»ÑÑÑÑ Ð¸ инÑеÑеÑнÑÑ Ð¸ÑÑоÑиÑ. ЭÑо макÑималÑно ÑдобнаÑ, ÑÑилÑÐ½Ð°Ñ Ð¸ Ð½Ð°Ð´ÐµÐ¶Ð½Ð°Ñ ÑпоÑÑÐ¸Ð²Ð½Ð°Ñ Ð¾Ð±ÑвÑ, в ней можно как пÑоÑÑо пеÑедвигаÑÑÑÑ, Ñак и занимаÑÑÑÑ Ð°ÐºÑивнÑм вÑемÑпÑепÑовождением. Ðменно поÑÐ¾Ð¼Ñ Ñ ÑÑой пÑодÑкÑии много поклонников. Ðа вÑÐµÐ¼Ñ ÑÑÑеÑÑÐ²Ð¾Ð²Ð°Ð½Ð¸Ñ TM бÑло пÑоизведено много коллекÑий, пÑедназнаÑеннÑÑ Ð´Ð»Ñ ÑамÑÑ ÑазнообÑазнÑÑ Ð²Ð¸Ð´Ð¾Ð² ÑпоÑÑа, ÐºÐµÐ´Ñ Ð¸ Ð´Ð»Ñ ÐµÐ¶ÐµÐ´Ð½ÐµÐ²Ð½Ð¾Ð³Ð¾ ноÑÐµÐ½Ð¸Ñ Ð¸ оÑдÑÑа.
ÐÑлиÑиÑелÑной оÑобенноÑÑÑÑ Ð¾Ð±Ñви Converse еÑÑÑ Ð°Ð±ÑолÑÑÐ½Ð°Ñ Ð¾ÑигиналÑноÑÑÑ Ð¸ Ñвобода. ÐÐ»Ñ Ð¿Ð¾ÑÑебиÑелей, кÑо ÑÐµÐ½Ð¸Ñ ÐºÐ¾Ð¼ÑоÑÑ Ð¸ ÑÑилÑ, много обÑаеÑÑÑ Ð¸ двигаеÑÑÑ, ÑÑа обÑÐ²Ñ ÐµÑÑÑ Ð»ÑÑÑим ваÑианÑом. Рее пÑоизводÑÑве пÑинÑли ÑÑаÑÑие наиболее извеÑÑнÑе дизайнеÑÑ. ЭÑа обÑÐ²Ñ ÑбиÑÐ°ÐµÑ Ð³ÑÐ°Ð½Ñ Ð¼ÐµÐ¶Ð´Ñ ÑпоÑÑом и модой. РаÑÑоÑÑименÑе на наÑем вебÑайÑе можно оÑÑÑкаÑÑ ÐºÐ°Ðº вÑÑокие, Ñак и пониже модели, имеÑÑие оÑвоÑÐ¾Ñ Ð¸ без него, Ñо ÑÑÑазами женÑкие модели, и ÑÑÑогие Ð´Ð»Ñ Ð¼ÑжÑин, а Ñакже ÑиÑÑо ÑпоÑÑивнÑе модели.
С помоÑÑÑ Ð´Ð°Ð½Ð½Ð¾Ð¹ обÑви Ð¸Ñ Ð¾Ð±Ð»Ð°Ð´Ð°ÑÐµÐ»Ñ Ð±ÑÐ´ÐµÑ Ð¾ÑÐµÐ½Ñ Ñдобно ÑовеÑÑенно везде â в ÑиÑÐ½ÐµÑ ÐºÐ»Ñбе, на ÑпоÑÑивной аÑене, на диÑкоÑеке, в гоÑÑÑÑ, либо пÑоÑÑо на пÑиÑоде. Ðа ÑÑÐµÑ ÑоÑеÑÐ°Ð½Ð¸Ñ ÑдобÑÑва и ÑÑилÑного дизайна, ÑоÑ, кÑо Ð¸Ñ Ð½Ð¾ÑиÑ, бÑÐ´ÐµÑ Ð¸ÑпÑÑÑваÑÑ ÑÑвÑÑво, бÑдÑо обÑÐ²Ñ Ð±Ñла Ñоздана ÑпеÑиалÑно Ð´Ð»Ñ Ð½ÐµÐ³Ð¾.



   Kembali ke Atas