Pencarian
Login/Daftar Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 393666
Pengunjung : 94961
Hari ini : 43
Hits hari ini : 152
Member Online : 81
IP : 54.92.182.0
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

smk_sarifarma    
Agenda
15 August 2018
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8

Khasiat Bayam

Tanggal : 29-11-2012 13:47, dibaca 767 kali.

BAYAM (Amaranthus tricolor L.)

Sinonim :

gangeticus

Nama daerah:

Jakarta : bayam glatik, b.putih, b.merah. Jawa : bayem abrit, b.lemah, b.ringgit, b.sekul, b.siti,. Maluku: jawa lufife, tona magaahu, hohoruitoka tokara, baya roriha, loda kohori.

Nama asing:

Chinese spinach (I)

Nama simplisia

Amaranthi tricoloris Folium (daun bayam), Amaranthi tricoloris Radix (akar bayam).

Uraian Tumbuhan

Bayam berasal dari Amerika tropic. Sampai sekarang, tumbuhan ini sudah tersebar di daerah tropis dan subtropis seluruh dunia. Di Indonesia bayam dapat dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5-2.000 dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas. Herba setahun, tegak atau agak condong, tinggi 0,4-1 m, dan bercabang. Batang lemah dan berair. Daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas,panjang 5-8 cm, ujung tumpul, pangkal runcing, serta warnanya hijau, merah, atau hijau keputihan. Bunga dalam tukal yang rapat, bagian atas berkumpul menjadi karangan bunga diujung tangkai dan ketiak percabangan. Bunga berbentuk bulir.

Bayam yang dijual di pasaran dan biasa dikonsumsi sebagai sayuran dikenal dengan bayam cabutan atau bayam sekul. Terdapat tiga varietas bayam yang termasuk ke dalam Amaranthus tricolor, yaitu bayam hijau biasa, bayam merah (Blitum rubrum), yang batang dan daunnya berwarna merah, dan bayam putih (Blitum album), yang berwarna hijau keputih-putihan. Sebagai informasi, daun dan batang bayam merah mengandung cairan berwarna merah. Selain A. tricolor, terdapat bayam jenis lain, seperti bayam kakap (A. hybridus), bayam duri (A. spinosus), dan bayam kotok/bayam tanah (A. blitum). Jenis bayam yang sering dibudidayakan adalah A. tricolor dan A. hybridus, sedangkan jenis bayam lainnya tumbuh liar. Panen bayam cabut paling lama dilakukan selama 25 hari. Setelah itu, kualitasnya akan menurun karena daunnya menjadi kaku.

Bayam dapat dibuat sayur bening, dibuat gado-gado, pecal, atau direbus untuk lalap. Kadang-kadang, daun bayam yang muda dan lebar digunakan pula sebagai bahan rempeyek. Tanaman bayam dapat diperbanyak dengan biji .

Sifat dan Khasiat

Secara umum,tanaman bayam dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan percernaan. Akar bayam merah berkhasiat sebagai obat disentri. Bayam termasuk sayuran berberserat yang dapat digunakan untuk memperlancar proses buang air besar. Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis (diabetes mellitus), kolesterol darah tinggi, dan menurunkan berat badan.

Kandungan kimia

Bayam mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin (A, B, dan C).

Bagian yang digunakan

Bagian tanaman yang digunakan adalah daun dan akar.

Indikasi

Daun bayam digunakan untuk pengobatan : Membersihkan darah sehabis bersalin Memperkuat akar rambut Tekanan darh rendah Kurang darah (anemia), dan Gagal ginjal

Cara pemakaian

Untuk pengobatan yang diminum, sediakan 25-30 g daun segar, lalu rebus dan dimakan sebagai lalap. Selain direbus, bayam dapat juga dijus untuk diminum. Untuk pemakaian luar, giling daun bayam segar sampai halus, lalu tempelkan pada luka akibat gigitan binatang berbisa.

Efek Farmakologi dan Hasil Penelitian

Infus daun bayam merah 30% per oral dapat meningkatkan kadar besi serum, haemoglobin, dan hermatokrit kelinci yang dibuat anemia secara nyata. Peningkatan tersebut tidak berbeda jika dibandingkan dengan kelompok kelinci yang diberi sulfas ferosus. Sebagai pembanding, digunakan air suling. (Ernawati Santoso,Fakultas Farmasi,WIDMAN,1986).

Contoh Pemakaian

Meningkatkan kerja ginjal, membersihkan darah sehabis bersalin. Bayam dapat dikonsumsi dalam bentuk sayur bening.

  • Kurang darah 

Cuci tiga genggam daun bayam merah, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis, lalu saring. Selanjutnya, tambahkan satu sendok makan madu dan sebutir kuning telur ayam kampong dan aduk sampai rata, kemudian ramuan ini diminum dan pengobatan dilakukan dua kali seminggu sampai penyakitnya sembuh.

  • Disentri

Cuci 10 batang akat bayam merah sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung semdok teh sambil diaduk rata, lau saring. Unutk pengobatan , minum air saringannya sekaligus.

  • Memperkuat akar rambut.

Cuci satu ikat daun dan batang bayam segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata. Selanjutnya, peras dan saring, lalu minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Catatan

Penderita kadar asam urat darah yang cukup tinggi dan rematik Gout dilarang mengonsumsi bayam terlalu banyak karena sayur ini mengandung purin yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, purin akan dimetabolisme menjadi asam urat. Untuk pengobatan, bayam merah dianggap lebih kerkhasiat daripada bayam hijau.



Pengirim : Adi Susanto, S.Si, Apt


Share This Post To :

Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Komentar Melalui Facebook :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas